Mengenal Apa Itu SMO (Social Media Optimization)
1. Buat Konten Yang Menarik
Konten yang menarik harusnya menghasilkan peningkatan engagement dan sharing. Dengan konten yang unik dan menarik tentunya akan membuat orang tertarik dengan konten yang kita bagikan. Untuk menciptakan konten yang menarik, kamu tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu konten apa saja yang dibutuhkan dan jenis konten apa yang disukai.
2. Membangun Reputasi Atau Kepercayaan
Internet dan sosial media saat ini mempunyai standar baru yang punya pengaruh besar bagi sebuah bisnis atau brand. Jika reputasi brand di dunia maya atau digital menjadi krusial bisa disebut sebagai penentu keberhasilan. Membangun reputasi digital yang positif saat ini sudah menjadi kewajiban. Semakin banyaknya penipuan online terutama di sosial media sedikit membuat orang-orang paranoid dengan aktivitas jual beli online baik melalui toko online atau sosial media itu sendiri. Untuk mengatasi ini kita harus berusaha meyakinkan orang-orang tentang brand yang kita tawarkan dan kejelasan bisnis yang kita jalankan aman dan resmi supaya orang percaya dan tidak akan ragu untuk mengunjungi website melalui tautan yang kita bagikan. Riview atau testimoni, konten audio, visual maupun teks menjadi faktor penting untuk bisa membangun reputasi di dunia digital saat ini.
3. Mencari Tahu Tren Yang Sedang Booming
Saat ini selalu muncul tren baru dimasyarakat baik barang maupun jasa. Kehadiran tren baru ini sering menarik perhatian masyarakat. Karena hal ini, para pelaku bisnis perlu mengikuti tren yang berkembang agar produknya tidak ketinggalan jaman. Sangat penting sekali untuk mengetahui tren yang sedang booming, karena ini akan memudahkan kita dalam membuat konten yang sedang digandrungi orang-orang di sosial media pada saat itu dan tentunya orang-orang akan lebih tertarik dengan konten yang kita bagikan.
4. Menggunakan Fitur Iklan
Cara ini juga sangat berpengaruh dengan menggunakan fitur pasang iklan yang ditawarkan oleh sosial media seperti Facebook Ads atau Twitter Ads membuat konten kita lebih banyak dijangkau oleh pengguna sosial media.
Dengan cara diatas sangat berpengaruh sekali dalam meningkatkan traffic pengunjung ke website melalui sosial media, apalagi pengguna aktif sosial media di Indonesia sangatlah banyak. Teknik ini sangat cocok sekali digunakan untuk mendampingi teknik SEO, dengan kolaborasi keduanya tentunya sangat optimal untuk meningkatkan traffic dari website atau blog yang kita kelola.
Perbedaan dengan SEO
SEO atau search engine optimization merupakan teknik untuk mengoptimasi website agar dapat berada di posisi strategis pada halaman mesin pencarian (search engine). Posisi ini sangat penting untuk mendapatkan trafik dan customer. Melalui memaksimalkan konten dengan keyword yang telah diriset maka website bisa saja mendapatkan posisi strategi pada halaman utama pencarian.
Intinya SEO lebih mengoptimalkan pada website agar mendapatkan posisi strategis di halaman utama pencarian, sedangkan SMO mengoptimalkan channel media sosial untuk meraih engagement.
Berikut ini kelebihan dan kekurangan SMO dan SEO.
Kelebihan SMO
1. Tidak rumit. SMO Memang tak memerlukan riset keyword dan kode pemrograman website seperti SEO untuk menjalankannya. Anda akan lebih mudah untuk menjalankan teknik SMO
2. Peluang yang lebih besar. Semakin tingginya minat netizen pada media sosial, maka peluang untuk mendapatkan trafik juga semakin tinggi.
Kelebihan SEO
1. Hemat biaya. Dengan strategi SEO anda tak perlu mengeluarkan ads atau iklan karena harus rajin mengoptimasinya dengan konten-konten SEO Friendly.
2. Bertahan lama. Dengan SEO website memungkinkan untuk bertahan di halaman utama mesin pencari. Anda perlu mengantisipasi perubahan algoritma dari Google yang bsa mengubah perubahan posisi website.
Kekurangan SMO
1. Sulit menjaring target pasar. Jika dalam SEO dapat dilakukan dengan riset keyword, berbeda dengan SMO yang sedikit sulit menjaring pasar karena tidak ada data keyword yang tepat untuk menarget konsumen.
2. Tidak memiliki ukuran yang tepat. SMO tidak memiliki kejelasan yang akurat menentukan keberhasilannya. Jika SEO memiliki tanda penentu keberhasilan pada website tampil di halaman utama, maka SMO hanya bisa diketahui dengan trafik serta coversion rate.
Kekurangan SEO
1. Cukup rumit karena harus melakukan beberapa riset seperti riset keyword, membuat konten, memposting konten, dan memperbaiki website agar SEO friendly.
2. Butuh proses. Hasil SEO tidak langsung berhasil. Sebab SEO membutuhkan proses untuk dapat tampil di halaman utama.

Komentar
Posting Komentar