Terungkap! Ini 10 Rahasia Dunia Penerbangan yang Disembunyikan dari Penumpang


 DALAM dunia penerbangan, pilot memang punya peranan yang sangat penting. Bagaimana tidak, sang pilot harus menjamin penerbangan yang dilakukan aman sampai tempat tujuan. Walaupun sesungguhnya, banyak faktor lain yang mungkin mengganggu penerbangan.

Karena tugasnya yang berat ini, beberapa hal dalam dunia penerbangan menjadi sengaja dirahasiakan dan hanya diketahui oleh sang pilot. Salah satu rahasia dunia penerbangan yang hanya pilot tahu adalah mengenai segala hal yang terjadi di dalam kokpit selama penerbangan berlangsung.

Belum lagi mengenai kode-kode rahasia yang sering digunakan oleh pilot dan awak kabin.

Nah, dirangkum MNC Portal, berikut adalah 10 rahasia penerbangan yang disembunyikan dari penumpang.

1. Pilot dilarang memiliki janggut

Beberapa maskapai penerbangan memberikan larangan agar pilotnya tidak memiliki janggut. Alasannya agar masker oksigen yang digunakan dapat terpasang sempurna saat kondisi genting.

2. Pesawat harus tetap dingin

Jika kamu merasa kedinginan di pesawat, jangan panik atau buru-buru minta penghangat. Ternyata, seluruh kabin pesawat memang sengaja harus tetap berada pada kondisi dingin.

Menurut sebuah penelitian, terdapat hubungan antara temperatur dan tekanan pesawat serta hilangnya kesadaran karena hypoxia. Hypoxia ini disebabkan oleh udara panas berlebihan di kabin.

3. Pesawat tidak pernah terbang lurus

Pada penerbangan yang panjang penumpang biasanya akan mendapatkan peta lengkap dengan arah penerbangan yang dilakukan. Biasanya tanda yang menunjukkan arah penerbangan berjalan lurus. Namun, faktanya pesawat tak pernah berjalan lurus.

Kadang memutar bahkan zig-zag. Hal ini terjadi karena fakta bahwa bumi tidak berbentuk datar layaknya peta.

4. Orang biasa tidak mungkin dapat mengendarakan pesawat

Jika dalam film aksi kamu berpikir bahwa semua orang bisa mengendarakan pesawat, maka kamu salah. Hal tersebut sangat tidak mungkin untuk dilakukan di dunia nyata.

Walaupun kamu super jenius dan paham dengan segala simulator komputer yang sama dengan model pesawat, atau bahkan mengikuti instruksi rincian yang diberikan, kamu masih saja bisa gagal mengemudikan pesawat. Pasalnya, semua kemampuanmu akan kalah dengan satu hal sederhana, yaitu stres.

5. Delay tidak hanya merugikan penumpang

Delay atau penundaan penerbangan tidak hanya merugikan para penumpang tetapi juga merugikan para awak kabin. Hal ini karena para awak kabin dibayar berdasarkan jam terbang, sedangkan waktu yang dihabiskan di bandara tidak masuk di dalam jam terbang mereka. Walaupun ada insentif, jumlahnya akan sangat kecil.

6. Pintu anti peluru dan sinyal bahaya

Pilot memang dilindungi dengan pintu anti peluru yang dilengkapi dengan kode khusus untuk membukanya. Biasanya untuk mengecek kondisi para pilot di kabin bagian depan, para pramugari akan berkomunikasi dengan menggunakan telepon. Komunikasi antara pilot dan pramugari wajib dilakukan setiap 40 menit pada siang hari dan 20 menit pada malam hari.

7. Tempat duduk paling nyaman

Dalam posisi pesawat terbang, kursi yang paling tidak nyaman dan mempunyai banyak guncangan berada di posisi belakang. Kamu sebaiknya memilih kursi di bagian tengah yang dekat dengan sayap agar tidak merasakan guncangan dan dapat duduk dengan nyaman.

8. Pendaratan yang kasar bisa saja karena disengaja

Pada saat cuaca buruk, kemungkinan pesawat mendarat dengan kasar memang sering terjadi. Namun, ternyata hal tersebut bukanlah karena si pilot kurang pengalaman. Faktanya, para pilot melakukan hal tersebut jika landasan berada dalam kondisi tergenang air.

Pilot harus dengan sengaja mendaratkan pesawat dengan keras untuk memecah lapisan air agar tidak terjadi terpeleset saat landasan bawah.

9. Meredupkan lampu pesawat

Meredupkan lampu pesawat pada saat take off dan landing, adalah untuk mempersiapkan para penumpang menemukan jalan ke pintu darurat, terutama untuk menemukan rambu-rambu di lorong.

10. Masker oksigen hanya bertahan selama 15 menit

Jika kamu berpikir bahwa masker oksigen dapat bertahan lama, maka kamu salah. Ternyata masker oksigen hanya mampu bertahan selama 15 menit.

Namun, tidak perlu panik karena ternyata 15 menit adalah waktu yang cukup untuk pilot agar bisa mengarahkan pesawat ke ketinggian yang lebih rendah supaya para penumpang bisa bernapas dengan normal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Kenali Bagian-bagian Bandara Beserta Fungsinya

11 Tempat Ini Tidak Boleh Dilintasi Pesawat

10 Negara yang Bisa Dikunjungi Warga Indonesia, Kebanyakan Bebas Karantina